4 Macam Salam Dalam Bahasa Jerman

4 Macam Salam Dalam Bahasa Jerman. Guten Morgen sobat Jermania, apa kabar kalian di pagi yang cerah ini?. Semoga sobat selalu dalam keadaan baik dan berbahagia ya 🙂 . Nah kali ini saya mau membahas 4 macam salam dalam bahasa Jerman. Bahasan ringan saja ko, supaya tidak pusing duluan ya hehe.

4 Macam Salam Dalam Bahasa Jerman
Salam Dalam Bahasa Jerman. Gambar via dreamstime.com

Selamat Pagi = “Guten Morgen”. Salam ini biasanya digunakan sampai tengah hari (jam 12 siang). Namun biasanya pada kehidupan sehari-hari “Guten Morgen“ ini diucapkan hingga jam 10-11 saja. Malah suami saya bilang kalau sudah lewat jam 9 tidak perlu bilang “Guten Morgen” lagi melainkan ucapkan “Guten Tag” saja.

Selamat Siang = “Guten Tag“. Salam ini diucapkan mulai tengah hari jam 12 lewat sedikit sampai jam 18 (6 sore) . Saya merasa aneh mengucapkan salam ini saat musim dingin. Saat winter jam 4 sore saja sudah mulai gelap. Kalau naik bus jam 5 sore mengucapkan selamat siang aneh banget buatku karena matahari sudah terbenam alias sudah gelap dan menurut saya lebih cocok mengucapkan selamat malam hehe.

Selamat sore tidak ada dalam bahasa Jerman, kita tetap pakai “Guten Tag” yang berlaku hingga jam 6 sore.

Baca juga: 5 Kalimat Penting Keseharian Bahasa Jerman

Selamat Malam = “Guten Abend“. Salam ini diucapkan mulai jam 18 (6 sore) sampai tengah malam jam 00 .

Pernah dengan kalimat atau salam Gute Nacht?

Apakah artinya Gute Nacht?

Salam Gute Nacht ini diucapkan kalau mau tidur (Selamat tidur), atau kalau kita mengunjungi seseorang saat malam hari, pas pulang mengucapkan Gute Nacht artinya selamat tinggal (goodbye) dan juga selamat tidur.

Perlu diperhatikan kalau menulis kata benda dalam bahasa Jerman selalu dimulai dengan huruf besar.

Selain 4 salam diatas, masih ada salam lainnya, seperti Hallo, Hi, Wie geht’s? (apa kabar), Grüß Gött (God bless)/ Grüß dich/Grüß Sie dan Servus. Kapankah kita gunakan salam-salam tersebut?. Saya bahas lanjutannya di topik berikutnya ya. So stay tuned terus ya di blog Jermani ini.

Baca juga: Selamat Ulang Tahun Bahasa Jerman Untuk Orang Terkasih

 

Auf wiedersehen!  😉

error: Content is protected !!
Read more:
Close