German Easter Sweets Tradisi Paskah di Jerman

German Easter Sweets Tradisi Paskah di Jerman. Ostern atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai hari raya Paskah termasuk salah satu perayaan keagamaan yang akhirnya menjadi sebuah tradisi di Jerman.  Telur, ayam, dan domba Paskah menjadi simbol Paskah popular.

German Easter Sweets Tradisi Paskah di Jerman
Aneka yang Manis Saat Paskah di Jerman

Pada banyak bagian negara di Eropa, termasuk Jerman, ‘Osterlamm Kuchen’ (kue domba Paskah) adalah bagian utama dari setiap sajian Paskah. Untuk umat Kristian, anak domba melambangkan simbol bagi pengorbanan Kristus, ‘Anak Domba’ yang tak berdosa.

Namun, ada sebuah tradisi yang umum, tidak terbatas kepada orang Kristen, bahwa Paskah adalah hidup baru dan saat Paskah lah banyak simbol domba, misal kue bolu, meramaikan suasana pasar saat Paskah.

Baca juga: 10 Ucapan Selamat Paskah dalam Bahasa Jerman

Telur dianggap sebagai simbol kelahiran yang baru. Selama masa puasa sebelum Paskah, biasanya penganut agama Kristiani menghindari makan daging ataupun telur. Biasanya telur akan dihias kemudian disembunyikan di sekeliling rumah. Namun siapa yang menyembunyikan telur Paskah ini?. Dalam tradisi Jerman, yang menyembunyikan telur Paskah adalah kelinci Paskah (Osterhase). Peran kelinci Paskah adalah seperti Sinterklas pada hari Natal.

Tahun ini pertama kalinya anak saya mewarnai telur-telur Paskah bersama omanya. Anaknya sangat antusias, namun untuk makan telur dia tidak mau, jadi selesai menghias telur ya si bocah lanjut bermain-main dan sama sekali tidak menanyakan telur-telur warna tersebut. Anak saya punya alergi berat terhadap telur dan kacang.

Baca juga: 5 Kalimat Penting Bahasa Jerman Patut Kamu Ketahui

Osterhase atau kelinci paskah juga berasal dari kepercayaan bahwa kelinci melambangkan kesuburan. Osterhase mempunyai tugas penting, yaitu menyembunyikan Osterhase pada saat Ostern. Ratusan tahun yang lalu dikisahkan dalam cerita anak, bahwa kelinci dapat menghasilkan telur berwarna-warni. Maka dari itu Ostereier dan Osterhase selalu hadir di setiap Ostern.

Frohe Ostern! (Selamat Paskah) dari Jerman 😉

 

Sumber bacaan:

error: Content is protected !!
Read more:
Close