Peringatan Hari Guru Nasional di Jerman dan Indonesia

Peringatan Hari Guru Nasional di Jerman dan Indonesia. Pahlawan tanpa tanda jasa, demikianlah sebutan guru di Indonesia. 25 Novermber hari ini diperingati sebagai hari guru di Indonesia, karena dalam masa pandemi, tentu saja tahun ini sangat berbeda peringatan hari guru kita lewati, namun kita tetap memperingati dan mengingat jasa para guru yang telah mendidik kita, masih ingatkah sobat siapa nama guru SD kelas 1 mu? 🙂 .

Glückliche Tag des Lehrers = Selamat hari Guru (Happy teacher’s Day)

Ucapan selamat hari guru dalam bahasa Jerman untuk guru kita: „Wir wünschen Ihnen die Schönheit von Körper und Seele, großartige Erfolge und immer neue Erfolge, viel Glück und tiefen Respekt, gute Laune und großartige Ideen, eine gute Familie und guten Frieden“.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Guru dalam Bahasa Jerman yang Berkesan

Hari guru di Jerman

Hari guru merupakan hari kehormatan atau peringatan di RDJ (Jerman Timur), yang berlangsung pada 12 Juni sejak 1951.  Secara internasional, Hari Guru Sedunia diperingati pada tanggal 5 Oktober dan di Jerman sampai sekarang hari guru mengikuti hari guru internasional tersebut.

Peringatan Hari Guru Nasional di Jerman dan Indonesia
Glückliche Tag des Lehrers = Selamat hari Guru (Happy teacher’s Day)

Pada hari guru, para guru secara resmi dihormati di acara-acara lokal dan nasional. Guru yang sangat layak dianugerahi tanda jasa pada hari ini.

Pada hari guru ini (di Jerman), para orang tua memberikan hadiah kecil kepada para guru untuk dibawa ke sekolah. Seringkali, hadiah hanya diberikan kepada guru kelas mereka sendiri. Antara lain diberikan bunga, coklat, batangan sabun, sapu tangan cantik, pemberian hadiah kecil lainnya.

Seringkali ada juga karangan bunga besar sebagai hadiah kelas, yang dibayar dari dana kelas atau dengan mengumpulkan dana para siswa.

Baca juga: 5 Kalimat Penting Keseharian Bahasa Jerman

Hampir 800.000 guru mengajar di sekolah-sekolah di Jerman. Sejumlah besar orang yang memiliki pekerjaan dengan tanggung jawab khusus untuk mendidik dan mendidik anak-anak kita. Mengakui pekerjaan para guru dan berterima kasih kepada mereka adalah fokus Hari Guru Sedunia, yang secara rutin dirayakan di seluruh dunia pada tanggal 5 Oktober.

Hari guru di Indonesia

Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati pada 25 November bersamaan dengan terbentuknya Persatuan Guru Republik Indonesia, PGRI. Hari Guru Nasional bukanlah hari libur, tetapi diperingati dengan kegiatan seremonial sebagai bentuk penghargaan terhadap guru, kepala sekolah dan staf sekolah tertentu.

Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, dengan sebuah Keputusan Presiden, yaitu Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Sejak tahun 1994, UNESCO telah memperingati peran para guru dalam pendidikan berkualitas tinggi dan pembangunan berkelanjutan pada Hari Guru Sedunia pada tanggal 5 Oktober.

Namun, saat ini terdapat kekurangan 4 juta guru di seluruh dunia. Pada hari guru 2020, UNESCO menekankan peran guru dalam membangun masyarakat yang berkelanjutan (“seruan untuk pemberdayaan guru untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan”).

 

Masalah Hari Guru Dunia UNESCO

adalah bahwa hari guru tidak dirayakan pada hari yang sama di seluruh dunia. Banyak negara telah menetapkan hari nasional (kebanyakan sehubungan dengan kepentingan lokal, pendidik, …). Selain itu, hanya sekitar 20 negara (misalnya Armenia, Jerman, Rusia, Pakistan, Inggris …) yang memiliki tanggal 5 Oktober sebagai Hari Guru.

Hanya sekitar 11 negara yang merayakan Hari Guru di UNESCO tanggal 28 Februari: Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, Mesir, Yordania, Arab Saudi, Yaman, Bahrain, Sudan, dan Oman. (Sumber & daftar banyak hari guru nasional sedunia di sini di wikipedia).

Baca juga: 5 Kalimat Penting Bahasa Jerman Patut Kamu Ketahui

 

Demikianlah postingan saya mengenai Peringatan Hari Guru Nasional di Jerman dan Indonesia. Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan yang belajar bahasa Jerman lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan blog Jermania berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Sumber bacaan:

 

jermaniaku

Belajar Bahasa Jerman - Deutsch lernen ist wunderbar

error: Content is protected !!
Read more:
Ucapan Selamat Tahun Baru Cina Dalam Bahasa Jerman
Ucapan Selamat Tahun Baru Cina Dalam Bahasa Jerman

Buah-buahan Bahasa Jerman. Fruits in German. Obst und Gemüse
Nama Buah Dalam Bahasa Jerman

Close